Adegan-adegan yang biasanya ada dalam film-film Indonesia tahun 1970-an dan 1980-an:

1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya apa, pamer apa yang dimasak
sama pembantu rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur. Dan
biasanya minumannya selalu jus jeruk.

2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah sudah berapa judul film
Rano Karno yang temanya beginian.

3. Ayah yang selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda,
dengan 2 bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.

4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi selalu
terlambat untuk menangangi masalah dalam film Indonesia, dengan
kalimat yang kaku dan khas: “Ini memang buronan yang sedang kami cari,
Pak!”

5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang-remang
warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya’ ABBA, Beegees, Kool and
The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari
sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau
jantungnya kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau
diare. Dokternya
Biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model Malcolm X,
stetoskop menggantung di leher, dan biasanya ngomong : “Bapak dan Ibu
tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami.”

7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut sambil
ketawa-ketawa kecil “hahaha…hahaha…” trus yang cewek menjatuhkan
diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan
ciuman, diganti
(disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.

8. Mau diperkosa trus nggak jadi karena jagoannya datang. Entah dari
mana, tiba-tiba berantem aja sama yang mau memperkosa.

9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir
setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui
di film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.

10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN,
TAMMAT, SELESAI, dan lain-lain dengan warna-warna yang cerah.

11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh-oleh
kue tart yang norak-norak (zaman segitu belum ada black forest, sih!)

12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.

13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.

14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin biar
sepatu boot/kulitnya keliatan.

15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.

16. Terjadinya ML gak sengaja, gara-gara kehujanan atau pada saat hujan.

17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong,
diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Sisirnya nongol
sedikit!

18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON.

19. Kalau naik motor nggak pake helm.

20. Cewenya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung
lari ke kamar terus nangis tersedu-sedu di ranjang (biasanya
film-film Oma Irama).

21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok.

22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya udah jadi tua, tinggal
ditambahin kumis doang.

23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben,
bawa bakul, kainnya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan
langsung tuh penjahat pengen perkaos. (perkosa –red).

24. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya orang Indonesia pake
wig pirang, serdadunya senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat
cewek lagi nyuci di kali, pengen perkaos juga.

25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak
punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil
lagi… (kalo di sinetron “Janjiku” si emak – Paramita Rusadi – udah
ketabrak mo diperkosa
ama yg nabrak lagi!!)

26. Cewek diperkosa di dalem kamar di atas tempat tidur. Cewe yang
diperkosa bilang: “tidak…jangan…tidak…” Terus yang merkosa
bilang: “teriaklah sekuat-kuatnya, tidak akan ada yang
mendengarkanmu…”

27. Anak SMA pake seragam yang lengennya dilinting, nggak cewe ngga
cowo, celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

28. Rambut cewek belahannya di samping.

29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan mendesah desah.

30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesen duluan, baru mati.

31. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret. (btw, gembret apaan
sih? –red)

32. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.

33. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau bapaknya meninggal. Si
anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin.
Si anak kabur ke kota, jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya,
trus
Jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak ditabrak mobil.

34. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya jalannya di tempat sepi yang
nggak ada orang/mobil lewat.

35. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan
dengan kejar-kejaran. Dari kota tiba-tiba pindah ke tengah sawah!

36. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada
becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat.
Kadang-kadang ada bencongnya juga.

37. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar darah…dilap
tissu….dijamin abis itu pasti mati.

38. Dono Warkop selalu kebagian cewek-cewek seksi.

39. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek. Sering
ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau
kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke temen cewek yang gendut atau
ibu guru.

40. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso, duduk di bangku
panjang kayak di warteg.

41. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke gunung, di bis
nyanyi-nyanyi kayak anak TK.

42. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.

43. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil yang
ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

44. Hantu-hantu di film horor:
– Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang yang lagi ronda.
– Kuntilanaknya sering jajan sate.
– Dedemitnya mula-mula cakep, pas ML berubah jadi buaya atau ular.
– Hantu cewek biasanya korban perkosaan yang balas dendam.

45. Kalo pake mobil, pasti mobil keluaran terbaru tahun itu. (ini
masih ada sampe sinetron2 sekarang)

46. Yang miskin, miskiiiiinnn banget. Yang kaya, kayaaaaaaaaaaa
banget.. (ini juga masih ada di sinetron sekarang)

47. Yang jahat, jahaaaaaaatttt banget. Yang baik,
baiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkk banget.. (ini juga masih..)

48. Serdadu Belanda kalo ngomong pasti pake “En kowe…” dengan lidah
yang dicadel2kan..

49. Rano Karno pasti jadi orang baik..

50. Letusan pistol bunyinya bukan “DOR” tapi “PLETAR” atau “CETER”
kayak pistol doblis… huhuhu ..

13 Comments

  • At 2005.09.01 17:26, bowo said:

    wah oi crot

    • At 2005.09.08 14:22, laban said:

      Crot jugo Wo.. :D

      • At 2006.05.07 14:51, zam said:

        hahahahah… ada benernya juga sih..

        kalo sinetron jaman sekarang, pemerannya mesti ABG yg sekis n bikin napsu. kalok gak rebutan cewek ya harta.

        • At 2007.06.07 07:34, sauth_sheeagean said:

          Mo ngritik perfilman indonesia neh… hehehe… Sebenarnya budaya model film2 kt, berawal dari kehidupan sehari-hari yang ada di kita jg… cm caranya mengangkat ceritanya terlalu berlebih-lebihan, klo ngedramatisir kesannya norak bais, nge action kurang greget, kolosal efeknya minimalisir, dll. Tp klo untuk akting aku lebih salut ama aktor/aktris indonesia jaman dulu yang base mereka emang dari teater,selain itu NOTHING… Wah klo aku terusin bisa bakalan panjang neh tulisan… Tp intinya seh, klo perfilman mo bagus, musnahkan dulu budaya2 SINETRON alias jelmaan Telenovela atau miniatur film India( istilah aku.red )…

          • At 2007.06.08 13:34, Okto Silaban said:

            Wah.. Saut selain jadi bassis jadi pengamat film juga ya.. Makin keren aja.., kapan launching albumnya?

            • At 2007.11.30 08:31, sinta said:

              wah, setuju bgt tuh dengan pendapatmu. pasti sebelumnya udah liat film indonesia tahun 80an ya? kebetulan banget aku mw bikin skripsi tentang film horor indonesia tahun 80an sama film horor indonesia yang tahun 2000-2008. ada saran film apa aja yang harus aku teliti? thx b4

              • At 2007.11.30 11:50, Okto Silaban said:

                @sinta : waduh aku sendiri gak gitu ngerti ttg film. Paling nonton film 2 bulan sekali, itupun di bioskop TransTV, ha..ha

                • At 2008.02.07 03:07, christin said:

                  hmm… jadi tau selera film mu kyk mana. ampe bs bikin analisis film beginian segala. masi kurang tapi. pemeran-pemeran filmnya manaahh??? dari oam irama, yessy gusman, ampe suzana… hahaha..

                  • At 2008.02.08 02:22, Okto Silaban said:

                    @christin : wah.. gak ada semua disitu, yg bener : Bari Prima.. (he..he) *ciatt.. ciaaat..!

                    • At 2008.03.21 14:50, Kasim said:

                      Sudah lama saya tidak mendengar berita tentang Zainal Abidin, filem terakhirnya ialah pada tahun 1991??

                      • At 2008.06.05 17:29, sigit said:

                        Eh coy… jangan pada ngetawain pilm jadul..
                        maybe pilm2 baru yang sekarang kita tonton dan kita sukai, 40 tahun lagi juga bakal diketawain anak cucu kita…. karna nanti mereka akan lebih canggih lagi mutu pilmnya
                        betul.. tidak….(dengan gaya aa gim neh gua ngomongnya)

                        • At 2008.06.05 17:30, sigit said:

                          betul…..

                          • At 2009.02.06 18:13, omadt said:

                            Wakakakak… tajam juga perhatiannya … nice.. !!!

                            (Required)
                            (Required, will not be published)

                            nanas